Inilah Fungsi Utama Inkubator Bayi Untuk Bayi Prematur

Inkubator bayi,mungkin sebuah barang yang terasa asing jika untuk orang yang masih single atau belum memiliki pasangan, kenapa asing hal ini mungkin karena hanya sekilas terbesit di pikiran orang yang belum terlalu memerlukan,

Namun bagi seseorang atau pasangan yang telah atau akan memiliki buah hati, inkubator bayi merupakan salah satu alat yang penting, lalu apa pentingnya inkubator tersebut.  Inkubator adalah alat yang digunakan untuk menjaga kondisi bayi agar tetap stabil baik suhu, maupun kelembaban udara, atau kehangatan bayi yang dibutuhkan selain kehangatan dari seorang ibu yang melahirkan.

harga inkubator bayi transport

Tidak semua bayi wajib harus menggunakan inkubator ini, hanya bayi dengan kriteria tertentu yang mungkin diharuskan menggunakan inkubator agar kelangsungan hidupnya bisa terjaga. Bukan hanya kesehatannya tetapi juga hidupnya . Terkadang kondisi bayi yang lahir prematur memiliki keadaan yang cukup lemah dan sulit untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar . Sehingga memerlukan alat bantu untuk dapat bertahan. Inkubator inilah yang berperan dalam menjaga kondisi bayi lahir prematur.  Untuk lebih jelasnya mari kita simak fungsi utama inkubator bayi.

Fungsi utama inkubator bayi

  1. Sebagai Pelindung

Fungsi utama inkubator bayi yakni sebagai pelindung awal kelahiran bayi yang rentan terhadap bermacam gangguan. Kerentanan bayi yang baru lahir ini terlihat sekali dari kulitnya yang begitu halus.  Untuk inkubator ini di desain dengan tertutup dengan lingkungan didalamnya yang terkendali . Temperatur didalam inkubator bayi diatur untuk menjaga bayi dari suhu luar yang dingin atau pun panas. Dan juga gangguan dari suara bising yang tentu akan mengganggu waktu istirahat bayi.  Inkubator juga harus dalam keadaan steril. Hal ini agar bayi tidak sampai terserang penyakit akibat bakteri atau pun virus. Karena kondisi pada bayi yang sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Pada bagian tutup pada Inkubator juga berfungsi sebagai pelindung dari bahan yang dapat mengiritasi serta alergi. Inkubator juga dibuat senyaman mungkin pada bayi agar saat bayi dilakukan pemeriksaan tidak terasa terganggu.

  1. Oksigenisasi

Untuk gejala sindrom gangguan pernafasan pada bayi yang menyebabkan kematian pada kelahiran bayi prematur mencapai angka 1 % di tiap kelahiran. Untuk itu agar dapat menekan angka kematian karena gangguan pernafasan bisa menggunakan inkubator. Inkubator akan tetap menjaga oksigen yang tersuplai pada bayi sehingga kelangsungan hidup bayi akan terjaga.

  1. Sebagai Monitor Pengawas

Berbagai inovasi diberikan pada inkubator salah satunya adanya monitor pengawasan . Alat pengawasan pada inkubator ini difungsikan untuk tetap  dapat memonitor keadaan bayi meski dari tempat yang lebih jauh. Jadi kita tidak haru selalu ada di dekat bayi dalam inkubator. Terdapat alat yang dapat memantau kondisi bayi tersebut jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu maka akan lebih cepat dalam mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Peralatan monitoring yang terdapat meliputi alat monitoring jantung,  alat scan otak, alat untuk memonitor darah ata tekanan darah,  termometer serta alat lainnya. Yang berfungsi untuk memonitoring organ penting pada bayi.

Itulah fungsi utama inkubator bayi. Setiap pasangan yang telah menikah tentu menginginkan momongan atau buah hati. Pengetahuan tentang kebutuhan bayi , cara merawat bayi jika terlahir prematur , pengetahuan tentang alat yang dibutuhkan misal inkubator tentu penting juga. Inkubator juga terdapat beberapa jenis. Salah satu jenis inkubator yakni Inkubator bayi transport. Jenis inkubator ini memiliki fungsi yang agar sedikit berbeda.

Fungsinya sebagai media memindahkan dari satu inkubator ke inkubator lainnya. Harga Inkubator bayi transport bisa berbeda-beda tergantung merknya.  Untuk yang ingin memperoleh lebih detail bisa menghubungi toko alat kesehatan baik online maupun toko fisik (offline). Sekian informasi mengenai inkubator, fungsi utama inkubator dan informasi yang berkaitan dengan inkubator. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi setiap pembaca terima kasih telah berkunjung pada laman ini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *