Manfaat Berenang untuk Perkembangan Bayi

 

 

Temukan info tentang evamat harga grosir  di sini

Banyak ahli menyarankan kegiatan berenang untuk bayi sebagai kegiatan meningkatkan pengembangan fisik, mental dan emosionalanak.

Bayi yang baru lahir, dengan lingkungan berair yang sudah dia tempati di dalam rahim menyebabkan bayi memiliki serangkaian refleksi yang akanmebuat mereka beradaptasi dengan cepat ke air. Selama beberapa bulan, Anda akan kehilangan refleks ini jika Anda tidak melatihnya dan mungkin akan mengembangkan perasaan ketidakpercayaan dan ketakutan pada bayi.

Matronatation bayi

Matronatation atau lebih dikenal dengan berenang untuk bayi merupakan sebutan untuk tindakan belajar berenang yang dilakukan bayi, tetapi  kebanyakan orang memahaminya dengan belajar berenang. Anak dapat menjadi terbiasa di dalam air, tapi sebelum 4 atau 5 tahun, anak  tidak akan berenang dengan gaya tertentu. Ini lmerupakan kegiatan rekreasi di mana anak perlahan-lahan beradaptasi ke air, selain itu dapat  mendukung pertumbuhan  tubuh anak, memperkuat ikatan emosional mereka dengan kehidupan sosialnya, merangsang kecerdasan  dan mengkonversi gerakan menjadi sesuatu yang fungsional, menguasai keterampilan dan sikap hidup.

Ketika mereka masih sangat muda, anak-anak biasanya segera akrab dengan air, membuka mata mereka tanpa rasa takut, menahan napas dan bergerak secara spontan. Bayi di bawah satu tahun beradaptasi lebih cepat dari yang lebih tua, bayi yang berusia 8/9 bulan kehilangan beberapa refleks bawaan jika Anda tidak mengajaknya berlatih atau berolahraga, seperti menendang secara  teratur atau penutupan glotis,. Hal itu  akan mengembangkan perasaan ketidakpercayaan dan ketakutan terhadap air sehingga menghambat kemampuan belajar renang mereka..

Anak-anak dapat belajar berenang dari minggu pertama kehidupan, tetapi sekolah biasanya tidak mengadakan kelas renang sampai dia berusia beberapa bulan. Oleh karena itu, dianjurkan bahwa orang tua mendorong mengakrabkan anak dengan air selama bulan-bulan pertama kehidupan.

Metode renang bayi

Ada dua metode utama untuk bayi berenang. Kedua metode tersebut mengembangkan kegiatan mereka melalui bermain dan melibatkan orang tua di kolam renang, mengambil keuntungan dari pentingnya hubungan afektif yang dilakukan antara orang tua dan anak-anak.

Beberapa metode telah dikembangkan dengan memperhatikan keberlanjutan fungsional bagi hidup anak dalam jangka waktu tertentu yang biasanya singkat. Melalui pengulangan rangsangan menyebabkan anak memiliki respon refleks. Orang tua memegang anak-anak mereka di lengan mereka dan melakukan latihan yang dipandu  guru renang (1, 2, 3, Anda meniup wajah dan … dorong anak ke bawah air!). Yang penting adalah untuk melakukan waktu  penyelaman yang semakin panjang dan pengalaman bayi berada di bawah air.

Metode lainnya adalah menggunakan keterampilan psikomotorik dalam lingkungan air, mengajarkan bayi berenang menawarkan tempat yang penuh dengan kemungkinan untuk menjelajahi, percobaan, pertukaran dan bermain dengan bebas di dalam air dengan didampingi orang tua. Hal ini didasarkan pada penghargaan terhadap individualitas dan memperhatikan waktu belajar yang berbeda untuk setiap anak. Guru renang, dengan mempertimbangkan setiap keadaan, mengusulkan situasi dan menunjukkan pedoman dan rekomendasi untuk tindakan yang akan dilakukan sehingga akan muncul respon motorik yang  muncul secara spontan ketika anak diajarkan berenang.

Manfaat matronatation pada bayi

Kolam menyediakan kemungkinan gerakan yang tidak dilakukan di daratan, sehingga menawarkan sejumlah manfaat untuk level organik, intelektual, emosional dan sosial. Memperluas kapasitas sistem pernapasan, mengatur sirkulasi darah, mengembangkan otot yang memungkinkan dapat membentuk postur dan gerakan semakin harmonis (keseimbangan), merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyalurkan kelebihan energi, menumbuhkan  sikap yang lebih santai. Tidak hanya mendorong penguasaan tubuh, tetapi pengetahuan dan pelatihan citra tubuh yang tepat. Selain itu, mendorong perkembangan bahasa karena anak-anak diberikan beberapa istilah berenang dan belajar untuk perlahan-lahan menjelaskan apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka rasakan.

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *